Scouter

Scouter (Sukauta) adalah alat berbentuk kacamata untuk mengetahui/mengukur tingkat daya/power level seseorang. Selain untuk mengukur power level, Scouter bisa juga untuk mengumpulkan informasi dan berkomunikasi antar bintang, seperti yang dilakukan Raditz untuk menghubungi Vegeta dan Nappa. Scouter pertama kali dimunculkan ketika Raditz datang ke bumi (Dragonball Z Saiyan Saga).
Scouter juga memilki kelemahan utama yaitu apabila seorang lawan memilki kemampuan untuk menurunkan Ki atau bahkan meyembunyikan Ki nya, maka Scouter tidak bisa mendeteksi dengan benar dan mungkin tidak bisa mendeteksi sama sekali.
Scouter juga membuat seorang petarung tidak terlatih untuk merasakan Ki tanpa alat tersebut, itulah yang membuat Vegeta belajar untuk tidak menggunakan Scouter lagi. Kelemahan lain Scouter adalah jika sebuah Scouter mendeteksi power level yang semakin bertambah pesat sampai Overload efeknya Scouter itu bisa meledak.
Menurut anime, Scouter awalnya ditemukan oleh Ras Tuffle sampai Saiyans membasminya dan mencuri teknologi mereka serta memperkenalkannya ke Organisasi Perdagangan Planet dan Frieza Elites untuk dipakai sebagai perlengkapan tempur.

Tidak ada komentar: